#1

Keywords: self-discovery, introvert, extrovert, 20’s

* * * * * * *

Belakangan ini, menghabiskan waktu sendiri merupakan hal yang paling kusukai. Baca buku, nonton film, dengerin lagu, memperbarui playlist, cari-cari berita baru di internet, sampai hanya sekedar tidur dan bermalas-malasan di kasur. Rasanya aku cukup puas dan merasa senang hanya ditemani oleh diriku sendiri. Rasanya tenang dan hidup terasa lebih mudah. Aku yang bukan seorang introvert, setidaknya itu berdasarkan hasil tes psikotes dan beberapa tes kepribadian gratis di internet, dibuat bertanya-bertanya. Pasalnya, seorang ekstrovert seharusnya mendapat energi dari interaksi dengan orang-orang di sekitarnya, kan? Tapi, mengapa menghabiskan waktu sendiri terasa sangat menyenangkan? Pikiran itu berkecamuk cukup lama dalam imaji ku. Aku tau, setiap orang memiliki sisi introvert dan ekstrovert dalam dirinya. Aku menyadari itu.

Namun, hari ini sepertinya pikiran itu telah menemukan jawabannya. Setelah ku refleksikan lagi, aku tidak menyadari betapa besarnya energi yang ku dapat setiap kali aku menghabiskan waktu dengan orang-orang di sekitarku. Misalnya, aku merasa lebih senang saat ini setelah menghabiskan waktu dengan sahabatku. Rasa senangnya tidak dapat digambarkan dengan angka. Perasaan yang ada pun bukan hanya senang, namun pada level di mana aku sangat termotivasi dan terinspirasi. Perasaan ini muncul setiap kali aku menghabiskan waktu dengan orang-orang di sekitarku.

Terdengar sepele ya? Namun, mencoba untuk menemukan bagian demi bagian dari jati diriku merupakan hobiku saat ini. Sungguh, ini sungguh membahagiakan, dan ini sungguh sulit. Tidak mudah untuk terbuka dan jujur pada dirimu sendiri. Aku harus belajar untuk lebih terbuka dan memahami diriku sendiri. Hasilnya, lambat laun, aku mampu menemukan kepingan-kepingan puzzle dari diriku. Kepingan-kepingan puzzle yang apabila terkumpul semuanya akan membentuk identitasku. (END/DS)

Leave a Reply

